Kebocoran/Pencurian Data di Yahoo

yahoo-account-security-issueYahoo baru saja mengumumkan bahwa ternyata ada banyak informasi pengguna yang telah dicuri oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Pencurian ini terjadi pada akhir tahun 2014 lalu. Informasi pengguna yang telah dicuri antara lain meliputi nama, alamat email, nomor telepon, tanggal lahir, password yang sudah terenkripsi, dan security questions (pertanyaan dan dan jawaban untuk account recovery). Untungnya, informasi lainnya seperti password yang tidak terenkripsi, data kartu kredit atau bank, dan data keuangan lainnya tidak ikut tercuri karena tersimpan di sistem yang berbeda. Jumlah akun yang datanya bocor sangat banyak. Menurut sumber ini, akun yang bocor datanya sebanyak 500 juta akun.

Para pengguna email Yahoo yang datanya mungkin ikut tercuri telah dikirimi pemberitahuan dari Yahoo. Selain itu, Yahoo juga memajang pengumuman mengenai insiden ini pada halaman login emailnya. Mereka yang kemungkinan akunnya ikut tercuri datanya diminta untuk mengganti password dan menggunakan sistem verifikasi akun tambahan.

Saya sarankan anda segera mengecek akun email Yahoo anda. Jika anda mendapatkan pemberitahuan semacam ini, sebaiknya anda segera mengganti password anda, dan mungkin meng-update nomor telepon anda yang ada di akun tersebut dengan yang lainnya. Tapi, karena pencurian data ini terjadi pada akhir tahun 2014, mereka yang akun Yahoo nya relatif baru (dibuat tahun 2015 ke atas) tentu saja tidak perlu khawatir.

Saya sendiri mempunyai beberapa akun yang dibuat tahun 2014 ke bawah. Memang, ada beberapa yang setelah login saya diminta untuk mengganti password. Awalnya permintaan untuk mengganti password itu dapat di skip selama beberapa kali. Tapi kemudian, opsi untuk skip hilang, dan saya dipaksa untuk mengganti password. Jadi kemungkinan akun-akun tersebut ikut menjadi “korban” dalam insiden pencurian data di Yahoo ini. Untungnya akun-akun tersebut memang hampir tidak pernah saya gunakan. Jadi sebenarnya data bocor seluruhnya pun tidak masalah 🙂

Catatan : Yang dimaksud pencurian data di sini adalah bocornya informasi penting (seperti password, alamat, dan yang lainnya) kepada pihak yang tidak berhak. Tentu saja, tidak ada data yang hilang karena dicuri 🙂